Selasa, 16 September 2008

Mengajarkan Anak Second Language?

Semua ibu pasti bangga kalo anaknya bisa cas-cis-cus dengan bahasa lain selain bahasa Indonesia, karena anak yang memilki kemampuan multilingual (banyak bahasa) atau setidaknya bilingual (dua bahasa) bisa dipastikan akan lebih mudah bergaul sehingga memiliki kesempatan lebih besar dalam kehidupannya, tapi kapan ya waktu yang tepat untuk mengajari putra-putri kita bahasa tambahan? Beberapa tips di bawah mungkin bisa membantu :

  1. Pastikan anak sudah memahami bahasa ibu
  2. Sebaiknya ada orang atau sekolah yang benar-benar fasih menggunakan bahasa tambahan tersebut
  3. Beberapa ahli menyarankan jika anak sudah masuk ke preschool
  4. Agar anak tidak bingung harus ada orang yang konsisten berbicara dengan suatu bahasa asing dengan anak


Saya tentu saya mengajarkan bahasa Indonesia terlebih dahulu kepada Baby Key, meski kadang saya sisipkan beberapa kosakata bahasa inggris tetap saya artikan, misalnya saat membacakan buku cerita trus ada gambar pisang lalu saya bilang pisang is banana Key, or shake hand Kezia, salaman yuk sama mama, meski dari majalah yang saya baca ada saran agar tidak menanggapi anak yang menggunakan bahasa campur-campur, karena kalo ditanggapi maka si anak akan merasa bahasa yang digunakannya sudah benar.

Dan ingat untuk selalu melakukan pengulangan sehingga anak kita bisa menguasai suatu bahasa dengan utuh.

Tidak ada komentar: